WIRAUSAHAWAN DIGITAL DI ERA 4.0
Technopreneurship atau yang lebih dikenal
dengan Kewirausahaan digital merupakan sebuah pemanfaaatan teknologi pada
kegiatan berwirausaha. Pemanfaatan teknologi dalam wirausaha digital ditekankan
pada proses produksi (dengan mesind dan teknologi terbaru), hingga pemasaran
dengan memanfaatkan media social, platform online, aplikasi dan lain-lain.
Istilah lain yang digunakan generasi milenial
untuk menyebut Technopreneurshi atau Kewirausahaan Digital adalah Startup
yang memiliki arti bisnis pemula. Startup pada dasarnya merupakan
aktivitas sebuah perintisan bisnis yang memiliki model bisnis yang terencana
dan memanfaat teknologi dengan sebaik-baiknya dalam bentuk platform data atau
aplikasi.
Didalam berwirausaha, wirausahawan harus
memiliki prinsip-prinsip seperti: menumbuhkan pola piker kewirausahawan, mengidentifikasi
peluang yang baik, mengenal pelanggan anda, memenuhi ketentuan legal maupun
berupaya meningkatkan modal. Dalam kewirausahaan digital sendiri perubahan
mendasar hanya terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan
bagaimana cara agar terhubung dengan masyarakat yang melek digital.
Di era 4.0 ini dimana semua orang
berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi terbaru tentunya membuat kita
sebagai mahasiswa harus melek dan awam terhadap perubahan – perubahan
teknologi. Teknologi khususnya internet jika dimanfaatkan dengan sebaik –
baiknya tentunya akan menghasilkan. Sebagai contoh, sebelum adanya gojek
ataupun grab di Indonesia, masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan pribadi
harus mencari transportasi umum ke jalan besar namun setelah kehadiran gojek
dan grab mereka tinggal memesan dari aplikasi di handphone dan menunggu untuk
dijemput oleh gojek maupun grab tersebut.
Alasan lain mengapa kewirausahaan digital
sangat penting di era sekarang adalah karena aktivitas harian manusia tidak pernah
lepas dari internet. Hampir semua orang yang berada di usia produktif tidak
akan lepas dari jangkauan teknologi digital, bahkan dapat dikatakan aktivitas
harian mereka tak pernah lepas dari internet. Mulai dari hal kecil seperti
berkomunikasi dengan whatsapp sampai
melakukan work from home atau meeting dengan client menggunakan zoom
meeting. Ini semua bisa terjadi karena kemajuan teknologi digital yang sangat
pesat.
Jika anda sebagai wirausahawan ingin memasarkan
produk anda entah itu barang maupun jasa anda, tentunya anda harus masuk
kedalam pasar tempat konsumen anda menghabiskan waktu. Di internet sendiri
hampir setiap platform yang sering diakses oleh user pasti terdapat iklan
didalamnya. Karena hal tersebut wirausahawan dapat menguasai pasar mereka
dengan belajar bisnis digital untuk mengembangkan produk anda agar dapat masuk
ke dalam dunia digital.
Dengan adanya bisnis digital wirausahawan lebih
efektif dan efisien untuk mengukur segmentasi pasar. Dengan memanfaatkan
teknologi seperti iklan (ads) seperti yang telah disampaikan diatas,
wirausahawan dapat dengan mudah menargetkan siapa konsumen yang membutuhkan
produk/jasa tersebut dengan data yang akurat. Hal ini juga memudahkan
wirausahawan dalam menganalisa siapa yang menjadi audience utama dari tiap
iklan yang anda tayangkan pada platform ads, sehingga para wirausahawan dapat
meminimalisir biaya untuk campign iklan kedepannya.
Hal lain yang membuat kewirausahaan digital
sangat penting yaitu dengan bisnis digital wirausahawan lebih mudah membangun dan
menciptakan kepercayaan pelanggan. Mengapa demikian? bisnis digital yang telah
memanfaatkan teknologi seperti kepemilikan website atau akun official
membuktikan bahwa produk maupun jasa yang dijual telah memiliki lisensi dan
layak diterima pasar. Hal tersebut dikarenakan pada website resmi maupun akun
official yang berbasis teknologi digital pasti terdapat informasi penting
seperti spesifikasi barang, riwayat produksi hingga testimoni dari customer
sebelum-sebelumnya. Selain itu, pada website resmi atau akun official juga
biasnaya terdapat banyak diskon dan promosi dimana hal tersebut menjadi alas an
kuat seseorang untuk membeli produk barang ataupun jasa.
Didalam kewirausahaan digital sendiri juga
terdapat tantangan dan peluang didalamnya. Tantangan dan peluang pertama adalah
wirausahawan harus terus menerus belajar. Pada dasarnya memahami dan
mempelajari sebuah bisnis itu memang harus diterapkan dengan baik. Biasanya
wirausahawan pemulan memerlukan mentor atau pendamping guna mendapatkan ilmu
yang lebih luas. Dengan belajar dari mereka yang ahli, sudah pasti ini akan
bisa memperkaya wawasan dengan mudahnya.
Tantangan dan peluang selanjutnya adalah
wirausahawan dituntut untuk inovatif dalam menciptakan suatu produk. Peluang
dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah
selalu melakukan inovasi. Ini tentunya adalah sebuah tantangan yang harus
dihadapi karena menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi dalam
mengembangkan produk yang dimilikinya agar semakin mudah disukai oleh orang
banyak. Tapi tak hanya itu saja, ini juga bisa menjadi tantangan yang
sepertinya sangat seru dilakukan. Jika mampu dilewati maka ini akan bisa
menjadi sebuah peluang yang tak terkira manfaatnya. Pada dasarnya, suatu
peluang memang akan bisa mendapatkan banyak potensi yang menarik apabila anda
tau bahwa inovasi dan juga membangun sebuah brand image yang bagus
itu juga sangat diperlukan didalamnya. Misalnya saja membangun kafe kekinian,
merchandise kekinian, dan lain sebagainya. Hal tersebut pastinya juga akan
memberikan manfaat yang pastinya lebih besar dan banyak.
Tantangan dan peluang ketiga adalah
wirausahawan harus bisa berpikir Out Of The Box. Hal ini sangat
diperlukan ketika wirausahawan ingin membuat bisnis menjadi sukses. Banyak
orang yang memikirkan sesuatu yang umum saja , tapi kita sebagai wirausahawan
harus bisa berpikir sesuatu yang tidak umum, salah satunya adalah melakukan hal
yang tidak umum, atau mengeluarkan kreativitas yang anda miliki untuk
mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak
perhatian dari pelanggan, maka dengan kreativitas yang unik atau anti-mainstream
akan memudahkan anda untuk menggapai pelanggan-pelanggan anda tersebut
Tantangan dan peluang yang terakhir adalah
bagaimana menerapkan agar kita mampu bersaing secara sehat. Peluang dan
tantangan bisnis di era digital memang sangat penting untuk diterapkan. Ini
juga akan mampu membuat anda terpacu dan siap menghadapi tantangan bisnis. Pada
dasarnya yang dihadapi dalam bisnis tidak hanya enak, profit atau suksesnya
saja, tapi ada kalanya banyak hal yang harus anda hadapi didalamnya, yakni
kenyataan bahwa persaingan bisnis itu sangat keras. Dengan menjadi pribadi yang
tangguh dan juga mampu melakukan yang terbaik, sudah pasti akan lebih banyak
yang nantinya bisa anda dapatkan didalamnya. Anda pun akan mampu menjadi sosok
yang sukses dan juga memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya.
Untuk menjalankan bisnis digital tentunya para
calon wirausahawan harus memiliki beberapa kemampuan untuk menjalankan
bisnisnya tersebut. Kompetensi pertama yang harus dimiliki wirausahawan adalah
kemampuan untuk menjalankan teknologi. Dengan menggunakan teknologi tentunya
wirausahawan dapat dengan mudah memasuki pasar konsumen-konsumennya tanpa harus
mengeluarkan tenaga dengan sistem “door to door”. Wirausahawan dapat dengan
mudah mempromosikan bisnisnya dengan menggunakan teknologi internet di berbagai
platform entah itu social media, website maupun aplikasi buatan sendiri.
Kemampuan lain yang harus dimiliki para wirausahawan adalah mampu menanalisis
atau membuat perencanaan yang baik Para pebisnis atau pengusaha paling sukses
adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan menganalisa rencana yang jelas
untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta
bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.
Komentar