MENGENAL DIGITAL MARKETING
Di era revolusi industry seperti sekarang ini kebutuhan mengenai digital marketing sangatlah dibutuhkan bagi para wirausahawan muda. Hal tersebut karena kemajuan tentang teknologi dan informasi di era ini merupakan suatu hal yang harus dan wajib kita pahami. Kita harus mampu memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk atau usaha kita.
Digital
marketing semakin melambung eksistensinya di saat pandemic covid-19 ini. Di
masa ini banyak bukti bahwa digital marketing sangatlah berpengaruh bagi dunia
kewirausahaann. Sebagai contoh apabila kita memiliki suatu usaha kini kita
tidak perlu repot-repot menawarkan secara door-to-door kepada calon pelanggan
kita, melainkan hanya dengan mempostingnya saja di media social seperti tiktok,
Instagram, facebook, twitter ataupun laman e-commerce seperti shopee,
Tokopedia, Lazada dan sejenisnya kita sudah dapat menjangkau target pasar kita
tanpa mengeluarkan tenaga berlebih. Era ini pun mendukung digital marketing
karena orang-orang pun semakin susah untuk belanja secara langsung karena
pandemic ini. Hal tersebut membuat orang-orang akhirnya menghindari kerumunan
dan membelinya lewat online.
Digital
marketing sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran sebuah produk, jasa ataupun
brand dimana pemasaran barang tersebut dilakukan secara digital atau
menggunakan internet. Tujuan dari digital marketing ini sendiri adalah untuk
menarik konsumen dan calon konsumen tanpa harus melakukan usaha fisik secara
langsung seperti door-to-door. Dengan menggunakan promosi secara digital
tentunya perusahaan dapat berjalan lebih efisien. Hal tersebut juga berbanding
lurus dengan penggunaan internet yang setiap tahunnya makin meningkat. Dahulu
mungkin smartphone dianggap hal yang mewah, namun semakin berjalannya waktu dan
berkembangnya teknologi kini hampir setiap orang telah memiliki smartphone dan
telah mengenal apa itu internet sehingga dengan promosi melalui digital atau
digital marketing maka perusahaan dapat dengan mudah menggapai calon pelanggan
maupun pelanggan mereka.
Alasan
mengapa kita perlu menerapkan digital marketing untuk memasarkan suatu produk
ataupun jasa yaitu karena digital marketing memiliki banyak kelebihan salah
satunya adalah kecepatan penyebaran. Kecepatan penyebaran melalui digital
marketing dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan hitungan detik. Selain
itu digital marketing pun dapat diukur dengan tepat dan secara realtime. Selain
kecepatan penyebaran informasi melalui internet tersebut, digital marketing
juga memudahkan dalam hal evaluasi. Dengan menggunakan media online, hasil dari
kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui karena dapat diukur secara
realtime. Informasi – informasi seperti berapa banyak orang yang melihat produk
anda, berapa persen penjualan dari setiap iklan yang ada buat, dan sebagainya.
Setelah mengetahui informasi – informasi seperti tadi tentunya anda dapat
melakukan evaluasi kira – kira hal apa yang dapat meningkatkan penjualan anda
nantinya. Kelebihan lainnya adalah dengan digital marketing jangkauan untuk
mencapai pelanggan maupun calon pelanggan lebih luas. Perusahaan dapat
menyebarkan produknya ke seluruh dunia dengan hanya memanfaatkan internet untuk
mempromosikan produknya tersebut. Hal yang sangat penting mengenai digital
marketing ini adalah biaya untuk melakukan digital marketing lebih murah dan
efektif dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Biaya anggaran promosi dapat
dihemat sampai dengan 40% karena semua hal yang berkaitan dengan marketing
disini telah menggunakan teknologi sehingga tidak perlu merekrut tenaga kerja
yang banyak, hanya perlu merekrut beberapa tenaga kerja yang memang ahli
dibidang teknologi ini.
Ada
beberapa jenis digital marketing, diantaranya adalah website, search engine
marketing, social media marketing, online advertising, email marketing dan
video marketing. Pertama ada Website, dengan menggunakan website perusahaan dinilai
sudah professional karena pembuatan website sendiri pun cukup sulit dan website
pun membantu konsumen untuk mengetahui tentang bisnis anda, promosi dan media
bisnis yang mudah. Kedua ada Search Engine Marketing, merupakan upaya untuk
membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Ketiga
ada Social Media Marketing, yaitu pemasaran brand ataupun produk melalui
platform – platform media social seperti twitter, facebook, Instagram, tiktok
maupun youtube. Kelebihan dari Social Media Marketing sendiri adalah biayanya
sangat murah dan mudah dilakukan serta dapat meningkatkan brand perusahaan
secara signifikan apabila dilakukan dengan benar. Keempat ada Online
Advertising, yaitu mempromosikan brand ataupun barang dengan berbayar dimana
dengan pemasaran ini perusahaan lebih cepat mendapatkan konsumen namun
kekurangannya biayanya mahal dibandingkan dengan jenis – jenis pemasaran
sebelumnya. Kelima ada Email Marketing yaitu dengan cara menjelaskan tentang
bisnis anda dan mengirimnya langsukng ke email secara satu persatu. Terakhir
ada Video Marketing, dengan cara ini anda dapat dengan langsung menjelaskan
tentang bisnis anda, testimonial, produk anda secara langsung dengan media
video dan nanti video tersebut dijadikan ads di youtube.
Untuk
memulai digital marketing ada beberapa
hal yang perlu dipersiapkan antara lain alat bantu untuk melakukan
digital marketing seperti website, akun media social, identitas brand dan
produk, unggahan blog dan jejak online seperti testimonia tau feedback dari
konsumen. Dalam dunia digital alat bantu tersebut merupakan aset paling
penting. Selanjutnya yang harus disiapkan adalah konten. Untuk memulai digital
marketing tentunya kita harus membuat konten yang menarik perhatian khalayak
ramai. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tulisan dan lainnya. Kitapun
diharuskan untuk menentukan tujuan kalangan mana yang kita targetkan sehingga
nantinya konten yang kita buat sesuai dengan target pasar kita. Selanjutnya
kita dapat mulai mengunggah konten tersebut di website maupun media social dan
melakukan evaluasi secara berulang di setiap unggahan tersebut untuk mengetahui
apakah digital marketing kita berhasil atau tidak. Langkah terakhir apabila
produk atau pun brand kita telah dikenal oleh khalayak ramai adalah masuk dan
bergabung ke market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain guna
memudahkan konsumen untuk membeli produk kita karena hal tersebut sangat
berpengaruh terhadap citra perusahaan atau brand kita sendiri.
Kesimpulannya
digital marketing sangatlah penting, terlebih lagi kita telah memasuki masa
revolusi industry 4.0 yang mengharuskan kita menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi. Dengan memanfaatkan tekonologi kita dapat mengefisienkan tenaga kita
dengan menerapkan digital marketing dalam pemasaran produk, jasa ataupun brand
kita. Digital marketing pun cenderung mudah di pelajari apalagi sebagai
generasi z yang telah melek dari muda tentang teknologi dirasa kita sebagai
mahasiswa mampu untuk mengembangkan digital marketing itu sendiri. Selain itu
dengan pemasaran melalui digital atau digital marketing uang atau modal yang
dikeluarkan untuk pemasaran pun tidak perlu dikeluarkan banyak bahkan
perusahaan dapat mengheman hampir 40% dibandingkan dengan menggunakan pemasaran
tradisional. Sebenarnya Mahal atau tidaknya digital
marketing tergantung dengan tipe digital marketing yang digunakan oleh
kita. Jika digital marketing seperti SEO serta konten tentu saja
tidak menghabiskan banyak anggaran. Akan tetapi, jika digital
marketing seperti brosur online serta email tentu saja
memerlukan biaya-biaya tertentu. Dengan memanfaatkan digital marketing dengan
sebaik-baiknya tentunya nantinya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal
juga.
Komentar