MENGENAL DIGITAL MARKETING

Di era revolusi industry seperti sekarang ini kebutuhan mengenai digital marketing sangatlah dibutuhkan bagi para wirausahawan muda. Hal tersebut karena kemajuan tentang teknologi dan informasi di era ini merupakan suatu hal yang harus dan wajib kita pahami. Kita harus mampu memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk atau usaha kita.

Digital marketing semakin melambung eksistensinya di saat pandemic covid-19 ini. Di masa ini banyak bukti bahwa digital marketing sangatlah berpengaruh bagi dunia kewirausahaann. Sebagai contoh apabila kita memiliki suatu usaha kini kita tidak perlu repot-repot menawarkan secara door-to-door kepada calon pelanggan kita, melainkan hanya dengan mempostingnya saja di media social seperti tiktok, Instagram, facebook, twitter ataupun laman e-commerce seperti shopee, Tokopedia, Lazada dan sejenisnya kita sudah dapat menjangkau target pasar kita tanpa mengeluarkan tenaga berlebih. Era ini pun mendukung digital marketing karena orang-orang pun semakin susah untuk belanja secara langsung karena pandemic ini. Hal tersebut membuat orang-orang akhirnya menghindari kerumunan dan membelinya lewat online.

Digital marketing sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran sebuah produk, jasa ataupun brand dimana pemasaran barang tersebut dilakukan secara digital atau menggunakan internet. Tujuan dari digital marketing ini sendiri adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen tanpa harus melakukan usaha fisik secara langsung seperti door-to-door. Dengan menggunakan promosi secara digital tentunya perusahaan dapat berjalan lebih efisien. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan penggunaan internet yang setiap tahunnya makin meningkat. Dahulu mungkin smartphone dianggap hal yang mewah, namun semakin berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi kini hampir setiap orang telah memiliki smartphone dan telah mengenal apa itu internet sehingga dengan promosi melalui digital atau digital marketing maka perusahaan dapat dengan mudah menggapai calon pelanggan maupun pelanggan mereka.

Alasan mengapa kita perlu menerapkan digital marketing untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa yaitu karena digital marketing memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah kecepatan penyebaran. Kecepatan penyebaran melalui digital marketing dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan hitungan detik. Selain itu digital marketing pun dapat diukur dengan tepat dan secara realtime. Selain kecepatan penyebaran informasi melalui internet tersebut, digital marketing juga memudahkan dalam hal evaluasi. Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui karena dapat diukur secara realtime. Informasi – informasi seperti berapa banyak orang yang melihat produk anda, berapa persen penjualan dari setiap iklan yang ada buat, dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi – informasi seperti tadi tentunya anda dapat melakukan evaluasi kira – kira hal apa yang dapat meningkatkan penjualan anda nantinya. Kelebihan lainnya adalah dengan digital marketing jangkauan untuk mencapai pelanggan maupun calon pelanggan lebih luas. Perusahaan dapat menyebarkan produknya ke seluruh dunia dengan hanya memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya tersebut. Hal yang sangat penting mengenai digital marketing ini adalah biaya untuk melakukan digital marketing lebih murah dan efektif dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Biaya anggaran promosi dapat dihemat sampai dengan 40% karena semua hal yang berkaitan dengan marketing disini telah menggunakan teknologi sehingga tidak perlu merekrut tenaga kerja yang banyak, hanya perlu merekrut beberapa tenaga kerja yang memang ahli dibidang teknologi ini.

Ada beberapa jenis digital marketing, diantaranya adalah website, search engine marketing, social media marketing, online advertising, email marketing dan video marketing. Pertama ada Website, dengan menggunakan website perusahaan dinilai sudah professional karena pembuatan website sendiri pun cukup sulit dan website pun membantu konsumen untuk mengetahui tentang bisnis anda, promosi dan media bisnis yang mudah. Kedua ada Search Engine Marketing, merupakan upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Ketiga ada Social Media Marketing, yaitu pemasaran brand ataupun produk melalui platform – platform media social seperti twitter, facebook, Instagram, tiktok maupun youtube. Kelebihan dari Social Media Marketing sendiri adalah biayanya sangat murah dan mudah dilakukan serta dapat meningkatkan brand perusahaan secara signifikan apabila dilakukan dengan benar. Keempat ada Online Advertising, yaitu mempromosikan brand ataupun barang dengan berbayar dimana dengan pemasaran ini perusahaan lebih cepat mendapatkan konsumen namun kekurangannya biayanya mahal dibandingkan dengan jenis – jenis pemasaran sebelumnya. Kelima ada Email Marketing yaitu dengan cara menjelaskan tentang bisnis anda dan mengirimnya langsukng ke email secara satu persatu. Terakhir ada Video Marketing, dengan cara ini anda dapat dengan langsung menjelaskan tentang bisnis anda, testimonial, produk anda secara langsung dengan media video dan nanti video tersebut dijadikan ads di youtube.

Untuk memulai digital marketing ada beberapa  hal yang perlu dipersiapkan antara lain alat bantu untuk melakukan digital marketing seperti website, akun media social, identitas brand dan produk, unggahan blog dan jejak online seperti testimonia tau feedback dari konsumen. Dalam dunia digital alat bantu tersebut merupakan aset paling penting. Selanjutnya yang harus disiapkan adalah konten. Untuk memulai digital marketing tentunya kita harus membuat konten yang menarik perhatian khalayak ramai. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tulisan dan lainnya. Kitapun diharuskan untuk menentukan tujuan kalangan mana yang kita targetkan sehingga nantinya konten yang kita buat sesuai dengan target pasar kita. Selanjutnya kita dapat mulai mengunggah konten tersebut di website maupun media social dan melakukan evaluasi secara berulang di setiap unggahan tersebut untuk mengetahui apakah digital marketing kita berhasil atau tidak. Langkah terakhir apabila produk atau pun brand kita telah dikenal oleh khalayak ramai adalah masuk dan bergabung ke market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain guna memudahkan konsumen untuk membeli produk kita karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan atau brand kita sendiri.

Kesimpulannya digital marketing sangatlah penting, terlebih lagi kita telah memasuki masa revolusi industry 4.0 yang mengharuskan kita menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan memanfaatkan tekonologi kita dapat mengefisienkan tenaga kita dengan menerapkan digital marketing dalam pemasaran produk, jasa ataupun brand kita. Digital marketing pun cenderung mudah di pelajari apalagi sebagai generasi z yang telah melek dari muda tentang teknologi dirasa kita sebagai mahasiswa mampu untuk mengembangkan digital marketing itu sendiri. Selain itu dengan pemasaran melalui digital atau digital marketing uang atau modal yang dikeluarkan untuk pemasaran pun tidak perlu dikeluarkan banyak bahkan perusahaan dapat mengheman hampir 40% dibandingkan dengan menggunakan pemasaran tradisional. Sebenarnya Mahal atau tidaknya digital marketing tergantung dengan tipe digital marketing yang digunakan oleh kita. Jika digital marketing seperti SEO serta konten tentu saja tidak menghabiskan banyak anggaran. Akan tetapi, jika digital marketing seperti brosur online serta email tentu saja memerlukan biaya-biaya tertentu. Dengan memanfaatkan digital marketing dengan sebaik-baiknya tentunya nantinya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal juga.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Film Korea Yang Mampu Membuat Kamu Menangis

WIRAUSAHAWAN DIGITAL DI ERA 4.0